Selasa, 08 Maret 2011

bab 2(1.strategi pembangunan)

STRATEGI PEMBANGUNAN INDONESIA BARU

Untuk itu diperlukan paradigma baru berupa pembangunan manusia Indonesia yang
berwawasan Penduduk dan Lingkungan dengan pendekatan HDI yang meliputi 3
Komponen
1. KESEHATAN
2. PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
3. PENDAPATAN KELUARGA
RENCANA STRATEGIS
I. DI BIDANG KESEHATAN
MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT TERUTAMA IBU DAN
ANAK DENGAN MELIBATKAN PERANAN PEMERINTAH DAERAH DAN
MASYARAKAT
PEMBERDAYAAN TENAGA MEDIS DAN PARAMEDIS
DENGAN JUMLAH DAN PERSEBARAN TENAGA MEDIS DAN PARAMEDIS YANG
MAKIN MENINGKAT DAN MENINGKATKAN EFEKTIFITAS MEREKA, BERUPA
PEMBERDAYAAN PERAN DAN FUNGSI MEREKA TERUTAMA DALAM HAL -HAL
SEBAGAI BERIKUT:
PERHATIAN PADA TENAGA KESEHATAN UNTUK IBU, ANAK DAN REMAJA
UNTUK MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU, ANAK DAN REMAJA
PENINGKATAN MUTU BIDAN MANDIRI DAN TENAGA PARAMEDIS TERLATIH
Bidan Mandiri yang diberdayakan untuk memberikan motivasi KB dan Kesehatan
Reproduksi MELANJUTKAN UPAYA MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU HAMIL DAN
MELAHIRKAN (AKI) Dengan:
MELANJUTKAN GERAKAN IBU SEHAT SE JAHTERA YANG TELAH
DILUNCURKAN TAHUN 1995.
MELANJUTKAN GERAKAN SAYANG IBU YANG JUGA TELAH
DILAKSANAKAN SECARA LINTAS SEKTOR.
MELANJUTAN UPAYA "SAFEMOTHERHOOD  INITIATIVE" YANG
BERSPEKTRUM LUAS DAN MENARIK PARTISIPASI KALANGAN
NASIONAL DAN INTERNASIONAL.
GERAKAN IBU SEHAT DAN SEJAHTERA          
Sehingga terwujud:
DUA ANAK CUKUP
NKKSS
KELUARGA BERKUALITASII. PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN DENGAN:
PENGEMBANGAN MODEL SEKOLAH UNGGULAN TERUTAMA UNTUK MELAYANI
ANAK-ANAK TERLANTAR DAN KURANG BERUNTUNG  (COMMUNITY COLLEGE)
MEMBERIKAN PERHATIAN KHUSUS BAGI ANAK PEREMPUAN
MEMPERSIAPKAN ANAK PEREMPUAN UNTUK MAMPU MENENTUKAN PILIHAN
SECARA PROFESIONAL DAN DEMOKRATIS
HANYA 39% ANAK USIA SMA YG SEKOLAH
PENGHARGAAN KEPADA ANAK SMA KELAS III PEREMPUAN UNTUK
MERANGSANG WAJIB BELAJAR 12 TAHUN DAN SEKOLAH LEBIH TINGGI
MEMOTONG RANTAI KEMISKINAN PELATIHAN USAHA MIKRO
LATIHAN KETRAMPILAN Dl SEKOLAH AKAN MERUPAKAN AWAL DARI
KETERAMPILAN NYATA DILAPANGAN DIKEMUDIAN HARI
MENERAPKAN SECARA DINI DISEKOLAH ANTARA TEORI DAN PRAKTEK
LAPANGAN DENGAN PENUH TANGGUNG JAWAB
PENGEMBANGAN KOPERASI DI SEKITAR SEKOLAH
MEMBANTU USAHA KOPERASI DI DESA SEKITAR SEKOLAH ATAU SEKITAR
RUMAH SISWA
IKUT PROMOSI PENGGUNAAN PRODUKSI DALAM NEGERI, HASIL SETEMPAT DAN
DAERAH LAIN
UNTUK ITU DIPERLUKAN DUKUNGAN SEKOLAH DAN ORANG TUA BANTUAN BELAJAR UNTUK ANAK PEREMPUAN
AGAR SEKOLAH LEBIH TINGGI,
UNTUK MEMPERBAIKI KESETARAAN GENDER
DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN.
PROGRAM KHUSUS UNTUK GENERASI MUDA
DENGAN MEMBERI PERHATIAN KHUSUS UNTUK ANAK KELUARGA
KURANG MAMPU (UNDER-PRIVILEGED)
MEMBERI MUATAN PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK SISWA DAN
PUTUS SEKOLAH. (Misalnya NAPZA, HIV/AIDS)
PROGRAM UNTUK GENERASI MUDA DAPAT DILAKSA NAKAN MELALUI
BERBAGAI SALURAN DAN PROGRAM TERKAITPENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
DILAKSANAKAN DI PERGURUAN TINGGI
MELALUI PENINGKATAN ILMU PENGEMBANGAN SDM
MENGEMBANGKAN MODEL SEKOLAH UNGGULAN YANG MENGUTAMAKAN
SEGMEN MASYARAKAT KURANG BERUNTUNG
III. MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA
BERTUJUAN UNTUK MEMPERBAIKI EKONOMI KELUARGA MELALUI ORIENTASI
PASAR SETEMPAT
KHUSUSNYA MEMBANGUN JEJARING ANTAR PARA IBU Dl PEDESAAN
MENGGUNAKAN POLA GOTONG ROYONG DALAM MEMBANGUN EKONOMI
KELUARGA DALAM KELOMPOK
MEMBERIKAN DUKUNGAN MANAJEMEN DAN ALOKASI SUMBER DANA. ANTARA
LAIN, DENGAN CARA MENARIK/MEMBUKA PELUANG INVESTASI PENGUSAHA DI
PERKOTAAN DAN PEDESAANIV. MENINGKATKAN MUTU LINGKUNGAN HIDUP DAN SARANA PRASARANA
YANG MEMADAI, DENGAN MEMPERHATIKAN :
MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK BERPERILAKU
MEN JAGA DAN MELESTARIKAN SUMBER DAYA ALAM
MENGADAKAN PENGAWASAN YANG  INTENSIP DAN PENEGAKAN HUKUM
TERHADAP PERUSAK LINGKUNGAN
MENINGKATKAN KESADARAN PARA PERENCANA DAN PENGAMBIL
KEPUTUSAN UNTUK MEMPERHATIKAN TATA RUANG BAGI PEMBANGUNAN
MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT P E NTIN G NYA
MEMBANGUN RUMAH DAN FASILITAS UMUM YANG SEHAT
HAL-HAL YANG MEMACU KEBERHASILAN
I. MENGEMBANGKAN PARTISIPASI DI MASYARAKAT DENGAN:
MELALUI PENINGKATAN KEGIATAN ORGANISASI WANITA SETEMPAT
(COMMUNITY-BASED ORGANIZATION dan PRIVATE VOLUNTARY ORGANIZATION)
MENGEMBANGKAN KEPEMIMPINAN YANG UNIK UNTUK DAERAH SETEMPAT
MENGEMBANGKAN PELAYANAN MANDIRI DALAM BERBAGAI SEGI KEHIDUPAN
II. MEMBANGUN JEJARING KERJA
Dengan upaya sentral:
MEMPERKENALKAN PENGALAMAN DAERAH (PEMKAB, PEMKOT dan PEMPROV)
YANG BERHASIL KE DAERAH YANG LAIN DI INDONESIA MEMPERKENALKAN PENGALAMAN INTERNASIONAL DI INDONESIA
MEMPERKENALKAN PENGALAMAN INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL
ADVOKASI PEM8ANGUNAN BERWAWASAN PENDUDUK KEPADA HALAYAK LUAS
Tim Penas
ehat:

Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. med. Puruhito, dr. 
Direktur PPS Universitas Airlangga, Prof. Dr. H. Muhammad Amin, dr, SpP(K)
KPS Program Magister Ilmu PSDM PPs Universitas Airlangga, Prof. Dr. H. Haryono
Suyono, M.A, PhD
Tim Pelak
sana:

Dr. Sunarjo, dr., Ms, MSc 
Prof. H. Kuntoro, dr., MPH, DrPH 
Dr. H. Hariadi Soeparto, dr., DOR, MSc 
H. Sjahrazad Masdhar, drs, M.A 
Dr. Eddy Indrayana, Ir. 
Alisjahbana, Ir., M.A
Pudjo Rahardjo, MPIA, PhD
INDONESIAN INSTITUTE FOR HUMAN DEVELOPMENT LEMBAGA INDONESIA
UNTUK PENGEMBANGAN MANUSIA


http;//www.google.com
http://www.damandiri.or.id/file/langkahkeg7.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar